5 Masalah Kulit dan Rambut yang Biasa Timbul Saat Mudik

Senin, 26 Juni 2017 - 12:30 WIB
5 Masalah Kulit dan Rambut yang Biasa Timbul Saat Mudik
5 Masalah Kulit dan Rambut yang Biasa Timbul Saat Mudik
A A A
JAKARTA - Mudik menjadi kegiatan yang paling ditunggu-tunggu setelah berpuasa sebulan lamanya. Tradisi ini pun selalu dimanfaatkan sejumlah orang untuk kumpul bersama keluarga besar hingga mengunjungi beragam tempat wisata yang menarik.

Meski tengah menjalankan mudik, pastikan Anda, khususnya para wanita tidak melupakan perawatan kulit. Hal ini pun bertujuan agar tetap terlihat cantik, sehat dan terhindar dari beragam masalah kulit saat mudik.

Pasalnya, tanpa disadari perubahan cuaca dan udara ditambah tidak melakukan perawatan bisa menyebabkan berbagai macam masalah kulit. Lalu apa saja masalah kulit yang kerap muncul saat mudik? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Stylecaster.

1. Jerawat
Jerawat merupakan masalah kulit utama yang kerap dikeluhkan banyak orang saat mudik. Biasanya hal ini terjadi lantaran kurangnya oksigen dan kelembaban udara di dalam pesawat, sehingga kulit melindungi dirinya dari kekeringan dengan memproduksi minyak yang berlebih hingga timbul jerawat. Untuk perawatan sebaiknya gunakan produk perawatan seperti serum, krim malam atau pelembab saat di dalam pesawat.

2. Kulit terbakar

Setelah seharian berjemur dan beraktivitas di pantai atau di luar ruangan saat siang hari, membuat kulit terbakar. Parahnya, kulit yang terbakar akan menimbulkan sensasi panas dan tidak nyaman. Hal ini bisa diatasi dengan mandir air dingin yang bisa menyejukkan kulit. Namun hindari menggosok kulit, melainkan cukup membilas area kulit yang terbakar secara lembut dengan sabun dan air dingin. Jangan lupa gunakan lotion setelah mandi.

3. Kulit berminyak
Paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit memproduksi keringat dan minyak berlebih. Dalam kondisi ini, tidak dianjurkan menggunakan produk kecantikan berbasis bubuk yang bisa menyumbat pori-pori. Sementara untuk menghilangkan minyak di wajah, gunakan kertas minyak, tabir surya berbasis air sehingga tidak lengket hingga pelembap untuk membantu mengendalikan produksi minyak sepanjang hari.

4. Lepek dan kusam

Rambut lepek dan kulit kusam merupakan masalah lain yang kerap dialami saat mudik. Apalagi jika Anda mengunjungi lokasi berbeda-beda. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan produk perawatan rambut dengan formulasi menjaga volume rambut. Untuk membantu menyerap minyak berlebih dan menjaga akar rambut tetap bersih, Anda dapat menggunakan sampo kering.

5. Kulit kering
Kurangnya kelembapan udara di dalam kabin pesawat dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Agar kulit tetap lembab, perbanyak konsumsi air putih selama penerbangan dan hindari kacang serta alkohol.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8715 seconds (0.1#10.140)